Senin, 21 Januari 2013

Sejarah Cheerleading

Sejarah Cheerleading (Pemandu Sorak)



Pasti teman-teman pembaca tau apa itu Cheerleading (Pemandu Sorak) atau lebih dikenal dengan nama Cheers .Tapi pasti kebanyakan dari kalian belum tahu kan asal usul Cheerleading itu seperti apa? Yuk kita telusuri lebih jauh!
Cheerleading adalah sebuah aktivitas fisik yang termasuk dalam kategori olahraga. Gerakan-gerakan yang dilakukan juga cukup sulit lho! Seperti melompat, jungkir balik, akrobat dan bahkan ada unsur menarinya. Pada umumnya aktivitas ini  diperuntunkan untuk menyemangati tim-tim olahraga ketika mereka sedang menghadapi pertandingan. Anggota mereka biasa disebut Cheerleader
.

Pasti beberapa dari kalian berpikir bahwa Cheers adalah olahraga yang ‘cewek banget’. Tapi tahukah kamu bahwa orang yang menciptakan Cheerleading & pertama kali menjadi cheerleader adalah seorang pria bernama  Johnny Campbell? Ia mengumpulkan dan mengarahkan teman-teman  kampusnya untuk mendukung tim American Football kampus mereka di University of Minnesota, Amerika Serikat, pada 2 November 1898. Ia membuat yel-yel yang kemudian diikuti oleh para pendukung tim AF kampusnya.
Pada awalnya Cheerleading lebih banyak diikuti oleh cowok. Namun sejak tahun 1923, cewek diperbolehkan untuk masuk tim karena kekurangan orang. Sebab pada masa itu kebanyakan cowok sibuk ikut berperang

Pada 1948, Lawrence “Herkie” Herkimer membentuk National Cheerleaders Association (NCA).

Di tahun 1960, National Football League (NFL) mulai mengorganisir tim pemandu sorak profesional. Di musim kompetisi 1972-1973, tim pemandu sorak Dallas Cowboys Cheerleaders memulai debutnya dan langsung menarik perhatian karena pakaian yang minim dan gerakan tari yang rumit.
Di Amerika Cheerleading biasanya berhubungan dengan American Football dan Basket. Namun semakin berkembangnya jaman, Cheerleading lebih banyak diikuti remaja perempuan dari berbagai sekolah untuk kemudian dilombakan antar sekolah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar