Senin, 18 Februari 2013

Kompak Lewat Cheerleaders

Apa itu kompak?
 
Kompak bisa diartikan bersatu padu dalam melakukan kegiatan bersama orang lain, dan tanpa menonjolkan kepentingan pribadi. Kompak bisa berarti pula sikap mau bekerjasama, saling menghargai antar anggota kelompok, serta bersedia mengorbankan kepentingan diri sendiri demi kepentingan kelompok.
Biasanya, dalam satu kelompok terdiri dari banyak anggota dengan berbagai macam sifat dan perilaku. Oleh karena itu, tak aneh bila dalam kelompok terjadi selisih pendapat antara satu anggota dengan anggota lain. Sebab, setiap orang tentu memiliki pendapat, selera, dan keinginan  yang bisa berbeda-beda.
Nah, agar kelompok tetap harmonis, utuh, dan bersatu untuk mencapai tujuan bersama, setiap anggota dituntut saling menjaga kekompakan. Lalu, apa manfaat kompak?
Ada banyak manfaat yang bisa kita petik dari berlatih menjaga kekompakan. Manfaat itu antara lain suasana nyaman, tenteram, damai, bahagia,  saling tolong-menolong, dan tercapainya tujuan bersama.

Cara Melatih Kekompakan
 
Suasana kompak harus diciptakan dan dipelihara. Caranya bermacam-macam, antara lain mengembangkan sikap toleransi, mau memahami dan menghargai perbedaan, serta saling percaya. Selain itu, kita juga perlu mengembangkan sikap saling berbagi, bekerja sama, dan membuang jauh sikap egois.
Salah satu cara  untuk melatih sekaligus menguji kekompakan adalah dengan sering tampil bersama kelompok dalam sebuah pentas, entah itu berupa lomba maupun pentas seni. Ratusan teman kita yang tergabung dalam puluhan kelompok atau tim, berkumpul dalam acara tersebut. Mereka ada yang ikut lomba pemandu sorak (cheerleader), yang sangat menuntut keharmonisan dan kekompakan. Mereka sangat cekatan melakukan gerakan-gerakan sulit seperti split, kayang, dan membentuk formasi piramida. Wah, bila tak kompak, niscaya gerakan mereka akan berantakan, kacau, dan bahkan berbahaya bagi anggota tim.
Selain lomba pemandu sorak, di antara mereka juga ada yang ikut lomba ensemble musik. Bayangkan dari begitu banyak alat musik yang dimainkan oleh orang yang berbeda, harus tercipta harmoni indah yang enak untuk dinikmati. Meskipun pemain alat musiknya itu berkemampuan hebat, tapi tak boleh egois dan menonjolkan kehebatannya. Ingat, intinya adalah kekompakan yang pada akhirnya menghasilkan harmoni.
Menang atau kalah dalam lomba itu biasa. Yang luar biasa adalah keberanian untuk tampil, sambil membuktikan bahwa kekompakan tim itu modal utama untuk meraih tujuan bersama.
Nah, ingin lihat bagaimana kekompakan teman-teman kita dalam gerakan cheerleadersmusik dalam Saksikan saja penampilan mereka dalam ajang Kidsfest di Summarecon Mall Serpong pada hari Sabtu 20 Oktober 2012 (lomba ensemble) dan 21 Oktober 2012 (lomba cheerleaders ).
Tips agar selalu kompak dalam kelompok
  • Buatlah jadwal bertemu, belajar, dan berlatih bersama dengan anggota kelompok. Lalu, patuhi bersama jadwal tersebut. Bila ada yang berhalangan hadir, wajib memberi tahu. Dengan demikian, semangat dan kekompakan kelompok tetap terjaga.
  • Beda pendapat itu biasa. Bila pendapat kita tidak diterima oleh anggota kelompok lain, tetaplah lapang dada, tak perlu mengambek atau mogok. Sebab, mungkin saja pendapat kita memang kurang pas untuk keadaan kelompok saat itu.
  • Biasakan bersikap saling terbuka dan jujur satu sama lain. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman di antara anggota kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar